Rabu, 10 Februari 2010

TRANSFORMED IN CHRIST THROUGH HIS HUMILITY/HUMBLENESS (Berubah Dlm Kristus Melalui Kerendahan Hatinya)

Filipi 2 :1-11. Tema Filipi 2:5-7, Lagu buka LS 275 Lagu Tutup LS 287,
Mazmur 32
I. Introduction: Rasul ini dilahirkan tahun 1 AD & di besarkan di Kota Tarsus. Tetapi ia disekolahkan di kota Yerusalem. Serta bekerja sebagai seorang Farisi & anggota Sanhedrin di Yerusalem sampai saat ia diutus ke Kota Damsyik. Thn 35 AD. Ia memulai misinya di Damsyik dan berakhir di Kota Roma tahun 63 AD(63)
B. Ia pernah menginjil di 159 kota selama pelayananya sebagai seorang
Rasul besar. Dan seluruh suratnya ditujukan kpd orang2 yg ada di kota seperti:Epesus, Tesalonika, Korintus,Filipi, Roma, Kolose dls.
C. Di Indonesia ini ada lebih kurang 17.000 pulau 517 suku bangsa dengan kota besar/kota kecil. Orang kota cenderung untuk hidup bagi dirinya sendiri. Sukunya sendiri/keluarganya sendiri.
D. Orang kota anggap lebih superior dari orang lain. Hampir setiap suku atau bangsa anggap lebih superior dari suku bangsa yang lain.
Hal ini kita sebut ednosentris. Bagaimana dengan kota Filipi?
1. Kota dinamai menurut penemunya Philip II dr Macedonia
358/357 BC. Paulus di Filipi thn 50M.
2. Buku/surat ini ditulis oleh Rasul Paulus tahun 62/63 AD 3.Tujuannya orang Filipi tahu bahwa di Roma juga pekerjaan penginjilan maju, dan mereka perlu bersatu memajukan pekerjaan Injil. Theme of this Epistle “Joy in Christ through the vicissitudes of life.(Bersukacita di dalam Kristus adalah Perobahan Hidup) Ilustrasi,
perubahan hidup & Pelayanan Rasul Paulus, begitu cepat, hanya dalam 3 hari saja.
Filipi 1:14. Baik oleh hidup atau matiku Kristus dimuliakan.
4. Dalam buku ini ada 16 kata bersukacita/lah atau Joy/rejoice/ 1 kata (gladness)

Alasan Paulus mengapa Ia bersukacita;
a. Fil. 1:4-6 dalam doanya bagi Jemaat bersatu (persekutuan) dalam memberitakan Kristus sampai Yesus datang kedua kali.
b. Fil.1:18-26 Jemaat memberitakan Kristus dengan tulus. Hidup itu Kristus,mati itu keuntunganku.
c. Fil2:17 walaupun aku mati sahit, darahku dicurahkan, tidak percuma aku bersusah karena ibadah imanmu.
d. Fil.2:25-30 Epafroditus sudah sembuh dari sakitnya, hormati orang lain seperti dia.
e. Fil.4: 1-5. Lukas 10:20. Karena Euodia, Sintikhe,Sunsugos, Klemens telah berjuang dalam pekhabaran Injil namanya tercatat dalam buku kehidupan di Surga.

5. Didalam fasal ini ia menekankan hubungan yang harmonis antar anggota jemaat (kesatuan jemaat) dan kerendahan hati/diri Yesus yang tak dapat dibandingkan dengan siapapun di alam semesta ini.
Sudah Pasti Anda Saya Mau berubah Dalam Kristus Melalui Kerendahan Hatinya. (5 bahagian)
II. Isi Khotbah
A. DI DALAM KRISTUS ADA: NASIHAT,PENGHIBURAN KASIH ADA PERSEKUTUAN ROH DLL. Filipi 2:1-4.
1. Banyak anggota tapi satu kesatuan, satu pikiran, satu perasaan, satu kasih. Mutual artinya perasaan atau perbuatan saling. Mutual love = perasaan saling mengasihi satu sama lain give love & take love. Simpati itu artinya masuk kedalam turut merasakan apa yang dirasakan sahabat kita, saudara.
2. Akan disebut persekutuan, kasih mesrah, tidak dapat dipisahkan, apapun kesulitan yang timbul atau yang kesusahan yang datang, tidak dapat dipisahkan karena betapa eratnya mereka bersatu satu sama lain. Pikulan yang berat. Membangun Gereja ini……..akan selesai. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Fulfil my Joy/or Complete my That is the act of love. Joy ( Rasul ini akan sempurnalah sukacitanya). Kristus dimuliakan, ditinggikan amin.
3. V BC P. 152 “Pekerjaan Tuhan akan maju jikalau umat Tuhan ditarik bersama dan bekerja didalam satu kesatuan”1 Kor 1:10 Aku menasihatkan supaya kamu erat bersatu. Jangan ada perpecahan diantara kamu.
Apabila aku datang, AKU MELIHAT, apabila aku tidak datang, AKU MENDENGAR, bahwa kamu teguh berdiri dalam satu roh, dan sehati sejiwa berjuang untuk iman yang timbul dari berita Injil yaitu bagaimana memberitakan Injil. Filipi 1:27.
Pelayanan Injil hal.203 “Pekerjaan Pelayanan Jemaat akan lebih maju dlm segala bidang bilamana ditunjukan roh pengorbanan diri, penyangkalan diri demi kesejahteraan. Karena kemakmuran pelayanan gereja, dibawah pengawasan Allah, berpengaruh banyak pada pengaruh balik dari pekerjaan evangelisasi yang dilakukan ………..Dengan bekerja aktif untuk mencukupkan kebutuhan pekerjaan Allah, kita menghubungkan jiwa kita dengan jamahan sumber segala kuasa.”

Seorang pengusaha Amerika yang juga seorang Kristen yang sungguh-sungguh, dalam percakapannya dengan seorang rekan pekerja, mengatakan bahwa dia sendiri bekerja bagi Kristus selama duapuluh empat jam sehari.” Dalam semua hubungan
bisnis saya coba memperkenalkan Tuhan. Setiap ada kesempatan, saya coba memenangkan jiwa baginya. Sepanjang hari saya bekerja bagi Kristus. Setelah ayah meninggal saya melanjutkan pekerjaan ayah. Tetap saya membiayai seorang menjadi missionary. Bukankah ada anggota Masehi advent Hari ketujuh yang mau melakukan hal seperti itu?
KA hal.453.”Ya AllahKu ingatlah padaku…dan janganlah hapuskan segala perbuatan bakti yang telah kulakukan terhadap Rumah AllahKu dan segala pelayanan di dalamnya.” Nehemia13:14. Dalam kitab peringatan Allah setiap perbuatan kebajikan orang2 yang benar tidak akan dihapuskan…….dan setiap tindakan pengorbanan, setiap penderitaan dan kesusahan yang ditanggung karena Kristus semuanya ada tertulis. Pemazmur berkata Maz. 56:9.“Sengsaraku engkaulah yang menghitung-hitung, air mataku kau taruh kedalam kirbatmu. Bukankah semuanya telah kau daftarkan?”

B. MENARUH PIKIRAN DAN PERASAAN YANG TERDAPAT JUGA DALAM Kristus Yesus. Filipi 2:5.
Seluruh kehidupan rohani berpusat pada Kristus, berpikir, bertindak/berbuat. Melayani pekerjaan Tuhan kapan dan dimana saja. KKR di Boti, TTS. 14 jemaat GMAHK.
Spiritual mindedness, like an apostle Paul & Apostle Peter dan lain-lain. Beberapa contoh orang yang berpikiran rohani;
a. Gereja yang hidup banyak anggotanya membawa Alkitabnya dan membaca apa isinya. Kisah 17:10-15 orang-orang di Berea lebih baik setia/lebih rohani dll lebih memiliki roh pengorbanan .Gereja mati tidak ada yang bawa Alkitab.
b. Gereja yang hidup itu akan selalu ada puji-pujian dengan sukacita dan ucapan syukur. Gereja yang mati diam teduh.
c. Gereja yg hidup itu akan selalu ada masalah, tapi diselesaikan. Gereja yg mati Masalah berkepanjangan Filipi 4:2-3.
d. Gereja yang hidup itu bergerak maju dengan iman, membangun & menginjil.di Talawaan Bantik Gereja 10x20m. Kolam baptisan akan selalu bergerak/ada baptisan.Gereja yang mati tidak ada pembangunan,penginjilan.
e. Gereja yang hidup itu, sebagai pusat pelayanan kepada orang banyak, gereja yang mati focus pada problema.
f. Gereja yg hidup itu miliki roh saling mengasihi satu sama lain, gereja yg mati diisi dgn kritikan yg merusak satu sama lain.
g. Gereja yang hidup itu ada pertumbuhan jemaatnya. Gereja yang mati tidak ada pertumbuhan Jemaat.
h. Gereja yg hidup itu tdk ada penyakit Morbus Sabbaticus (Sabbath Sickness)
Adalah satu penyakit yang aneh dari anggota jemaat:
i. Gejala penyakitnya berubah-ubah, tapi tidak ada hubungannya dengan nafsu makan.
ii. Penyakit ini tiap kali kambuh tdk lebih dari 24 jam.
iii. Tidak seorang dokterpun yang tahu penyakit ini.
iv. Terbukti fatal jiwa - pada akhirnya.
v. Penyakit ini menular.
vi. Satu penyakit keduniawian yang buruk.
vii. Setelah sabat sore pasien ini, sudah sembuh lagi dan menunaikan pekerjaan seperti sedia kala.
i. Saya himbau Gereja yang hidup ada anggota yang lemah Ilustrasi, seorang yang sembuh total dari Sabbath Sickness. Wahyu 3:19. Barang siapa Kukasihi ia Ku tegor dan ku hajar; sebab itu relakanlah dirimu dan bertobatlah.”





C. TUHAN YESUS KRISTUS MENGHAMPAKAN DIRINYA MENJADI SAMA DENGAN KITA(MANUSIA). Filipi 2:6-8.

1. Dalam Rupa Allah Ia adalah Tuhan dan Juruslamat kita di Surga yang mulia. Yang menciptakan dunia kita dan semesta alam ini. Tidak memikirkan kesetaraanNya dengan Allah Bapa. Mari kita saksikan kepada orang lain.
2. Ia mengosongkan diriNya/menghampahkan dirinya, tidak ada apa-apanya. Joh. 10:17. Ia dengan sukarela. Inilah rahasia terbesar dari Tuhan Yesus. Ia telah memenuhi kehendak Allah. (tidak orang seperti Dia di dunia ini.)
3. Masuk dalam kandungan /rahim Maria selama 9 bulan 10 hari. Lahir sebagai seorang manusia. Dipalungan, kandang binatang, dibungkus dengan kain lampin. Tiada teman handai-taulan datang menjenguk dia
4. Hanya gembala yang datang dan memasyurkan namaNya.
Petani, gembala, wanita, anak-anak tidak dihargai.
Malaikat surga bersukacita karena kelahiranNya. Dididik dibesarkan Ayah dan ibunya. Haus lapar, menangis seperti manusia
5. Pada akhir pelayananNya di dunia ini. Mencuci kaki
murid2Nya adalah tugas seorang hamba yang telah diperbuatnya. TampanNya dan RupanNya juga seperti seorang hamba, penurutan seorang hamba, hamba dari segala hamba, dan sabar sepanjang umur hidupnya. Yesus Kristus adalah hamba dari segala hamba didunia ini. Yes 53:2,
6. Dianiaya, dihina dinista diludahi, dimakotai mahkota
duri, mati dan bangkit pd hari yg ketiga & pada hari yang ke 40 Ia naik ke Surga.

Contoh org yg mengambil Yesus sebagi Pola anutan mereka:
Ada 3 orang ahli filsafat; Socrates guru 40 tahun, Plato, guru 50 tahun Dan Aristotle guru 40 tahun dan Kristus hanya 3 setengah tahun. Kalau ditotal 3 orang ahli filsafat tadi 130 tahun mengajar namun meskipun Yesus Kristus hanya 3 setengah thn saja mengajar, 3 orang itu mendapat inspirasi dari Kristus. Yesus merendahkan dirinya.
i. Yesus tdk pernah melukis,tapi ahli lukis seperti Raphel, Michelangelo dan Lepnardo Da vinsi menerima inspirasi dari Yesus Kristus.
ii. Tuhan Yesus Kristus tdk pernh menulis/ menggubah puisi ttp Dante, Milton, sbgi ahli lukis terbesar mendpt inspirasi dr Tuhan Yesus Kristus.
iii. Tuhan Yesuspun tidak pernah menggubah lagu seperti Hayden, Handel, Bethoven, Bach dan Mendelson yang telah mencapai kesempurnaan yang tinggi dalam melody, symphony mereka, semuanya mendapat akal budi dari Tuhan Yesus Kristus. Semuanya memuji Tuhan Yesus Kristus. Penulis terkenal George Beverly Shea, composer terkenal I’d Rather Have Jesus.

D. Arti dari kerendahan hati dalam berbagai versi:
1. Kita mulai dengan kedewasaan fisik/Rohani (Maturity)
a. Is the ability to control anger/kemampuan untuk mengontrol kemarahan dan mengatur perbedaan itu tanpa kekerasan/kerusakan.
b. Itu berarti satu kerinduan yg tdk terpenuhi dengan segera, yg akan diperoleh dalam waktu yang lama.
d. Itu berati seni utk hidup damai dgn mereka yg kita tidak dapat ubah. Berani mengubah mana yg harus diubah, dan dengan bijak mengenal perbedan.
e. Itu berati dapat diandalkan, memelihara kesatuan, menembusi satu krisis. Michael Jordan pernah berkata ,”Intellegent is important, but intelligent and team work we will be champion.”
f. Itu berarti kemampuan untuk melakukan satu tugas/pekerjaan tanpa diawasi.

2. Maturity is Humility adalah ibu, akar, jururawat, fondasi, dan pusat dari semua sifat baik. Amsal 15:33.”kerendahan hati mendahului kehormatan.
3. Kerendahan hati berarti tidak sombong. Berani dtg kpd Tuhan dgn sungguh2 seperti Raja Soleman/Salomo. Ia memohon
akal budi dan Tuhan mengabulkan doanya.1 Raja 3:9-12
4. Humility is the ability to act ashamed when your people said how wonderful you are. Kemampuan untuk merasa malu apabila orang mengatakan bahwa anda ini hebat. DL. Moody. Duduk dibelakang sana.
5. Martin Luther is credited with the following interested story; Ada dua ekor kambing diatas dua bukit terjal yang akan melewati jalan sempit. Sebelah kiri jurang dalam sebelah kanan ada danau dibawah sana ratusan meter. Saling berhadapan. Kalau baku tanduk dua-duanya akan akan bahaya/jatuh dan mati. Akhirnya seekor kambing tidur dan yang seekor lewat injak diatas tubuhnya. Kedua-duanya selamat. (Kerelaan hati) Yesus Kristus Mati disalibkan karena tergolong pejahat ulung/pembangkang politik. gereja ini dtg kpd temannya. Perkaranya selesai saat itu juga.
6. Humility is recognizing our limits/our weakness. Know our weakness. Mencari Allah dengan segenap hati.
7. God has two thrones, ones the highest heavens, the other is the lowliest heart. Allah mempunyai dua takhta, satu ketinggian sorga, yang lain adalah hati yang rendah DL. Moody.
8. Moody pernah berkata “99% DARI 100 orang Kristen tidak memiliki kuasa, ketika mereka seharusnya menjadi raksasa2 rohani” they has no humbleness.
Ia sukses krn ia rendah hati, “IMAN MENDPTKAN YG TERBANYAK, KASIH MELAKUKAN YG TERBANYAK, TTP KERENDAHAN HATI MEMPERTAHANKAN YG TERBANYAK” akan mempertahankan jumlah anggota, dll.
9. Yesus tidak ada rumah tinggal, Yesus meminjam keledai betina untuk ditunggang, Ia mati dan dikuburkan dikubur yg dipinjam, Ia orang miskin pada hal Ialah Khalik kita. Penebus & Juruselamat kita.
10. Naik kesurga pada hari ke 40 setelah kebangkitanNya
11. Polycarb seorg Uskup dr Smirna. Keteguhan imannya pd Tuhan Yesus 86 tahun bersama Yesus bersaksi sampai mati di bakar.

E. ALLAH SANGAT MENINGGIKAN DIA & DLM NAMA YESUS BERTEKUK LUTUT SEGALA YG HIDUP ayat 9-11.
1. Yesus dlm bhs Ibrani adalah Yeshua/Joshua nama yg diberikan kpd seorang Ibrani artinya Jehova adalah keselamatan.
2. Jesus Kristus, Gr. Iesous, Yehova adalah keselamatan. Kristus bukan nama pribadi seseorg, ttp itu title (gelar), yg digunakan utk mengenal Dia yg menggenapi nubuatan PL ttg Messias Yg disebut Kristus The one anointed (org yg diurapih)oleh Tuhan sebg Juruselamat dunia.
3. Naik ke Surga tahun 31 AD dan akan datang lagi pada zaman kita ini. Dengan kuasa dan kemuliaan yang besar.
4. Mangangkat org yg beriman kpdNya di surga tinggal 1000 tahun lamanya disana. Akan memerintah bersama Tuhan.
5. Dan akan datang kembali ke dunia kita yang akan dibaharui. Didalam kota Yerusalem yang Baharu
6. Sesaat sblm api neraka turun menghanguskan org jahat & Setan & pengikut2nya menyaksikan dgn mata kepala sendiri; Tuhan Yesus Kristus akan dimahkotai menjadi raja atas segala raja, & tuhan atas segala Tuhan.
7. Semesta alam menyaksikan dgn mata kpl sendiri sdr dan saya akan melihatnya. Genaplah ayat kitab suci hari “Yesus Kristus adalah Tuhan bagi kemuliaan Allah, Bapa. Selama-lamanya.

III.KESIMPULAN DAN AJAKAN
Marilah Kita berobah dan melayani Tuhan dengan rendah hati, sungguh-sungguh sampai akhir hayat kita, pasti kita akan bertemu dengan Tuhan Yesus Kristus di surga, A m I n ! ! !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut