Rabu, 10 Februari 2010

tentang kekhawatiran

Ayat Inti : Lukas 12:22
Ayat Bersahutan : Lukas 12:22-31
Lagu Pembuka : 186
Lagu Penutup : 59

I. PENDAHULUAN

Luk 12:22 Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai.
Ada lagu yang sering kali dinyanyikan, yang selalu mengingatkan kita, Janganlah kuatir, bergembiralah. Lagu tersebut adalah,” Rejoice in the Lord always and again I say rejoice.”
Cukup mudah untuk mengatakannya, tetapi tidak mudah untuk melakukannya. Bilamana biaya rekening listrik semakin membengkak dan belum dibayar. Uang sekolah anak semakin naik, bilamana kita kehilangan pekerjaan, dan krisis ekonomi terjadi di rumah tangga, maka kita menjadi kuatir dalam hidup ini. Ada 1001 macam penyebab kekuatiran dalam hidup kita. Lingkungan kita sangat mempengaruhi keadaan emosi dan kekuatiran selalu mengejar kita.Ini adalah satu emosi yang sulit untuk melepaskannya.
Murid murid kuatir akan kekurangan, kuatir darimana mereka mendapatkan makanan dan apa yang harus mereka pakai. Mereka meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Yesus, namun mereka masih cemas tentang masa depan mereka. Mereka secara fisik bersama dengan Yesus masih tetap kuatir, apalagi kita.
Kekuatiran adalah luapan emosi yang seringkali mencengkram disaat kita mengalami krisis, dan ini adalah sifat alami daripada manusia. Kita kuatir bagaimana hari esok, kalau ini terjadi, kalau itu terjadi apa jadinya dengan hidupsaya? Kita mempunyai banyak, kita kuatir. Kita mempunyai sedikit juga kuatir. Dan seringkali oleh karena didesak kebutuhan kita kuatir.
Beberapa orang kuatir menjadi tua dan mengalami proses perubahan fisik dan tidak siap mengalami kematian. Masalahnya kita seringkali mengkuatirkan apa yang belum terjadi. Kekuatiran tidak akan pernah menolong dan menyelesaikan persoalan. Kuatir tidak akan menjadikan situasi kita lebih baik tetapi menjadikan situasi kita menjadi lebih buruk.
Ilmu pengetahuan medis mengatakan,” kekuatiran dapat memperpendek umur.
Banyak orang sedang mencari obat untuk menghilangkan kekuatiran. Ada yang berpaling kepada obat obatan. Ada yang menggunakan alkohol, dan ada yang makan berlebihan. Atau pergi kepada rokok.

II. ISI/PEMBAHASAN

Dr. Charles Mayo,” kekuatiran mempengaruhi sirkulasi darah, jantung, kelenjar kelenjar dan seluruh system saraf. Sangat jarang ditemukan orang meninggal karna workholic (kecanduan kerja) tetapi banyak yang meninggal karna kuatir.”
Kata “KUATIR” dalam Luk 12:22 muncul dalam ayat 29 diterjemahkan,” Jangan mempunyai pikiran cemas.” Diterjemahkan secara harafiah,” bimbang, ragu ragu.”

Ilustrasi
Ibarat satu kapal yang terjebak ditengah lautan dan terombang ambing oleh badai, lalu kapten kapal menjadi panik, dan akhirnya tidak memanfaatkan pelabuhan yang terdekat dan juga tidak memanfaatkan jangkar kapal yang ada, dan akhirnya dalam keadaan bahaya. Demikianlah orang yang sedang kuatir.


Ilustrasi
Petrus minta kepada Yesus supaya dia bisa berjalan diatas air, tapi Petrus tidak memandang kepada Yesus tetapi melihat kebelakang dan tenggelam.

Mat 13:22, :”Yang ditaburkan di tengah semak duri ialah orang yang mendengar firman itu, lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.”
Perumpamaan Yesus tentang benih yang ditabur, yang ditelan keluar karna kekuatiran dunia dan tipu daya kekayaan. Benih firman Tuhan yang ditaburkan dihati kita tidak akan pernah bertumbuh dan menghasilkan buah karna ditekan oleh kekuatiran.
Bukan hanya yang banyak uang atau yang makmur hidupnya dijangkiti masalah ini tetapi juga menghantui yang mempunyai sedikit.
Orang yang selalu kuatir: tidak akan pernah puas dalam hidup
: mengeluh dan besungut sungut dalam hidup
: kurang iman
: mematahkan semangat dan menekan kerohanian kita.

Roh Nubuat katakan,” Kita tidak perlu kuatir untuk masa yang akan datang, kecuali kita lupa pimpinan tuhan dimasa yang lalu.”

Salah satu penyebab dari bangsa Israel yang tidak tiba ditanah kanaan adalah rasa kuatir dan bersungut-sungut kepada Tuhan dan meragukan pimpinan Tuhan. Boleh jadi yang merupakan penghalang bagi kita untuk tiba disorga adalah kekuatiran yang terus menerus dan roh persungut-sungutan.

DR. Martin Lloyd James mengatakan,” Akibat dari mengkuatirkan masa depan, anda mengerutkan diri anda sendiri, dan menjadikan wajah kita berkerut.”

Connie Ten Boom mengatakan,” Kekuatiran tidak mengosongkan hari esok yang penuh derita, kekuatiran mengosongkan hari esok yang berisi kekuatan.”

Setiap orang memiliki rasa kuatir, dan itu hal yang normal terjadi, tetapi persoalannya jangan sampai kekuatiran itu menguasai diri kita dan kita mengkuatirkan Tuhan yang dapat menolong kita.

II Taw 20:12
Ya Allah kami, tidakkah Engkau akan menghukum mereka? Karena kami tidak mempunyai kekuatan untuk menghadapi laskar yang besar ini, yang datang menyerang kami. Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, tetapi mata kami tertuju kepada-Mu." Yosafat berdoa kepada Tuhan dengan mata yang tertuju.

Fil 1:21
Bagiku hidup adalah Kristus, satu satunya pertahanan terhadap kekuatiran, berjalan bersama Yesus, hidup dalam hubungan dekat dengan Dia, karma Yesus yang pegang masa depan kita.
Apa yang tidak mungkin bagi manusia adalah mungkin bagi Tuhan.







III. PENUTUP/KESIMPULAN
Dalam dunia ini selalu ada 2 kemungkinan yang selalu membuat kekhawatiran:
 Hidup dengan kaya >< Hidup dengan miskin
 Bisa makan >< Tidak bisa makan
 Sakit >< Tidak sakit
 Sembuh >< Tidak sembuh
 Mati >< Tidak mati
 Masuk Surga >< Masuk Neraka
 Kalau masuk neraka, maka berapa banyak yang saudara salam, karena sama-sama hidup khawatir di dunia.

Ilustrasi
Ada seorang ibu, mempunyai 2 orang anak. Sisulung dan sibungsu.
Sisulung membuka usaha payung dan sibungsu membuka usaha es cendol. Usaha sisulung memerlukan hujan supaya payungnya laris dibeli orang. Tetapi usaha sibungsu memerlukan panas terik matahari supaya banyak orang yang haus dan pengen minum es cendol.
Suatu hari terjadi musim kemarau, lalu ibu ini sedih dan kuatir memikirkan usaha anak sulungnya takut payung tidak dibeli. Kemudian datanglah musim hujan, tetapi ibu ini juga sedih dan kuatir memikirkan usaha anak bungsunya. Dan setiap sabat ibu ini datang kegereja selalu dengan wajah murung dan keriput. Lalu pendeta yang selalu mengamati wajah murung ibu ini, lalu menanyakan apa penyebabnya didalam perlawatannya.
Lalu dengan muka muram siibu menceritakan kesedihan dan kekuatrirannya akan usaha kedua anaknya. Lalu pendeta ini memberikan nasehat dari firman Tuhan dan meminta ibu ini untuk selalu mensyukuri akan apa yang Tuhan berikan padanya, serta menghidupkan kehidupan orang kristen yang bersyukur.
Dan si ibu menuruti nasehat pendeta dan melakukannya.
Oh sungguh ajaib perobahan yang terjadi 180 derajat dalam hidup ibu ini. Pada waktu musim kemarau tiba, ibu ini katakan, ”Tuhan saya bersyukur untuk musim kemarau, karena usaha anak saya si bungsu menjual cendol akan laris dibeli orang.” Lalu tibalah musim hujan, lalu ibu ini katakan, ”Tuhan saya bersyukur atas musim hujan karena usaha anak saya si sulung menjual payung akan laris dibeli orang.”
Dan sekarang wajah ibu ini setiap sabat datang ke gereja dipenuhi dengan kegembiraan dan kebahagiaan. Wajah yang berseri-seri.

Filipi 4:6
Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur

Filipi 4:7
Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus. Yesus memberikan jaminan mengatasi kekuatiran. Damai Sejahtra Allah akan mengadakan penjagaan dan mengelilingi hati kita.Damai sejahtra Allah akan menjaga hatimu. Seperti prajurit yang berjaga mengendalikan emosi kita. Damai Sejahtra Allah akan melindungi hati kita dari serangan kuatir cemas dan takut.

Doa kita pada hari ini
Yesus aku mau serahkan kepadamu, engkaulah memintaku untuk menyerahkan segala kesusahan dan kekutiranku kepadaMu. Aku tau Yesus sangat memperdulikan dan mengasihi aku. Aku tak akan kuatir melainkan menunggu dan tak akan panik tetapi berdoa dan berharap padaMu.

TUHAN MEMBERKATI

1 komentar:

  1. Terima kasih buat firman Tuhan ini..saya sangat diberkati, dikuatkan dan dihiburkan..saya akan kongsikan pada teman teman tentang kebaikan Tuhan dalam hidup kita, dimana tidak perlu terlalu khuatir tapi percya pada janji Tuhan Yesus yang setia dN adil.. Tuhan Yesus memberkati blog ini.. Amen..

    BalasHapus

Pengikut