Saturday, June 8, 2019

GEREJA JALAN SOLUSI MASALAH

Topik Pembahasan Kita Kej 35:1-5





Kej 35:1 Allah berfirman kepada Yakub: "Bersiaplah, pergilah ke Betel, tinggallah di situ, dan buatlah di situ mezbah bagi Allah, yang telah menampakkan diri kepadamu, ketika engkau lari dari Esau, kakakmu."

Ada dua pertanyaan untuk memahami Ayat ini:

1.              Mengapa Tuhan memberikan  perintah kepada Yakub untuk pergi ke Betel?
2.              Apa itu Betel?

Apa itu Betel?

Kej 28 :17-19 Ia takut dan berkata: "Alangkah dahsyatnya tempat ini. Ini tidak lain dari rumah Allah, ini pintu gerbang sorga. Keesokan harinya pagi-pagi Yakub mengambil batu yang dipakainya sebagai alas kepala dan mendirikan itu menjadi tugu dan menuang minyak ke atasnya. Ia menamai tempat itu Betel; dahulu nama kota itu Lus.

Betel Adalah Rumah Tuhan, Rumah Tuhan adalah Pintu gerbang surga, Rumah Tuhan zaman kita Modern ini adalah Gereja, dan fungsi gereja berdasarkan ayat ini adalah pintu gerbang surga. Itu artinya mustahil seseorang bisa masuk surga tanpa memalui pintu, apa yang akan terjadi bila seseorang masuk kerumah anda ….kalau dia tidak melalui pintu? Apa yang anda akan lakukan?

Mengapa Yakub diperintahkan Tuhan pergi ke Betel….ke GEREJA?

Peristiwa Kejadian 35:1 dilatar belakangi pasal 34, yang mana Yakub memiliki anak 12 anak laki-laki dan 1 perempuan. Berdasarkan informasi dari Alkitab , anak perempuan satu-satunya dari 13 bersaudara anak-anak Yakub adalah salah satu wanita tercantik yang dicatatkan dalam Alkitab.

Keluarga Yakub ini sedang berada menumpang di negeri asing yang bernama Sikhem, pada suatu hari anak perempuan yakub yang bernama Dina ini keluar dari kemah orang tuanya untuk bermain-main bersama teman-temanya, pada waktu bersamaan putra penguasa negeri Sikhem berpapasan dengan putri Yakub ini, karena kecantikanya membuat putra penguasa negeri Sikhem ini, pandangan pertama telah membuat putra raja Sikhem terpesona dan jatuh cinta

Masalahnya adalah:

Putra penguasa negeri Sikhem melakukan yang tidak senonoh dengan putri Yakub yang bernama Dina, dengan cara paksa dia meniduri putri Yakub ini, dan setelah dia selesai melampiaskan hasratnya putra penguasa Sikhem ini melepaskan Dina pulang ke Rumahnya.

Sementara Dina mau masuk kerumahnya, Ayahnya, Yakub memperhatikan Dina dengan wajah yang murung masuk ke rumah, dan Yakub mendekat dan berkata, putriku Dina, mengapa hatimu sedih….. Dina menceritakan apa yang dia telah alami hari itu, berita tersebut seperti halilintar disiang bolong bagi Yakub, dia lesuh….dia sedih…dia merebahkan dirinya terduduk dan diam seribu Bahasa.

Sementara Yakub memiliki masalah yang sulit untuk diselesaikan, anak-anaknya 12 laki-laki kaget melihat suasana keluarganya yang seperti tidak biasanya,,,,adeknya Dina yang biasanya dengan manja akan menyapa abang-abangnya yang baru pulang dari tempat pengembalaan, Ayahnya Yakub biasanya akan menyambut dengan suka cita…bilamana anak-anaknya pulang dari pengembalaan…..tetapi pada hari itu wajah orang tuanya lesuh….adek mereka Dina…menangis.

Bilamana mereka mendengar berita yang barusan dialami adek mereka satu-satunya perempuan, membuat hati mereka gusar…marah, tetapi tidak memiliki daya bilamana mereka mendengar bahwa yang melakukan tidak senonoh dengan adek kesayangan mereka adalah putra penguasa Sikhem tempat dimana mereka menumpang tingal.

Sementara mereka mencari-cari jalan solusi masalah yang mereka hadapi, tiba-tiba pintu rumah mereka diketok……saat pintu rumah mereka dibukakan, putra penguasa negeri sikhem datang untuk melamar putri satu-satunya yang dimiliki oleh Yakub. Dia berkata; bahwa dia datang untuk melamar Dina putri Yakub dengan uang mahar yang berlimpah…dengan tanah tersubur yang ada di negeri Sikhem.

Lamaran itu membuat masalah Yakub makin bertambah-tambah. Belum memiliki jalan keluar atas  pemerkosaan yang dialami putri Yakub, sekarang muncul masalah berikutnya, putri satu-satunya dilamar oleh seorang yang tidak mengenal Tuhan, mustahil Yakub memberikan doa restu kepada putrinya untuk menikah dengan laki-laki yang tidak mengenal Tuhan.

Dengan ide yang penuh dendam, anak laki-laki Yakub yang bernama Lewi memberikan solusi dari masalah yang mereka hadapi, dan berkata, mereka menginjinkan adek mereka Dina untuk dinikahi asalkan putra negeri Sikhem mau menerima sunat seperti yang mereka Imani, dan putra negeri Sikhem menyetujui solusi yang lahir dari rasa dendam tersebut.

"Ide rohani yang lahir dari rasa dendam"

Pada hari yang sudah ditentukan setiap laki-laki yang sudah dewasa datang menyerahkan dirinya untuk menerima sunat. Pada hari pertama, semua anak laki-laki di negeri Sikhem menjerit kesakitaan, pada hari yang kedua mereka tidak bisa melakukan aktifitas seperti biasanya, pada hari ketiga semua laki-laki dewasa di negeri Sikhem menjerit kesakitan, susah untuk bergerak karena sunat yang baru mereka alami.

Dalam situasi yang demikian, anak-anak laki-laki Yakub yang bernama Simeon dan Lewi bersama hamba-hambanya membawa pedang dan membunuh semua laki-laki di negeri Sikhem.

Apa yang terjadi? Bilamana kabar ini di dengar oleh ayahnya Yakub?

Kej 34 : 30  Yakub berkata kepada Simeon dan Lewi: "Kamu telah mencelakakan aku dengan membusukkan namaku kepada penduduk negeri ini, kepada orang Kanaan dan orang Feris, padahal kita ini hanya sedikit jumlahnya; apabila mereka bersekutu melawan kita, tentulah mereka akan memukul kita kalah, dan kita akan dipunahkan, aku beserta seisi rumahku."

Apa yang dihadapi oleh Yakub adalah: Yakub menghadapi masalah yang bertubi-tubi, belum ada solusi dari masalah putrinya Dina, sekarang Yakub mendengar masalah kedua putrinya Dina satu-satunya perempuan ditengah-tengah rumahtangga Yakub dilamar oleh seorang pemuda yang tidak mengenal Tuhan, belum selesai masalah yang pertama dan kedua, sekarang muncul masalah yang ketiga, bahwa anak-anaknya Simeon dan Lewi telah melakukan pembunuhan massal dan terencana, 

Yakub menyadari masalah yang dia alami akan membawa kematian bagi dirinya. Yakub merenung disalah satu sudut rumahnya dengan wajah yang ketakutan, semangat hidupnya rapuh karena perilaku anak-anak. Sekarang keadaan Yakub tidak berdaya, dan lesu terduduk disudut rumahnya.

Dalam suasana seperti itulah firman Tuhan dating kepada Yakub, Kejadian 35:1 anakku Yakub bersiaplah pergilah ke Betel….anakku Yakub bersiaplah pergi ke Gereja (Tuhan menepuk pundak Yakub sambil berkata demikian)

Saudara-saudaraku…. pernahkah saudara memiliki masalah yang kompleks menghampiri hidupmu? Anggota keluargamu tidak dapat menolong engkau….bahkan anak-anakmu juga tidak dapat menolong engkau…bahkan anggota gerejamu tidak ada yang peduli dengan masalahmu. Dalam suasana  yang kamu alami, membuat kamu menangis disalah satu sudut rumahmu, menunggu dampak dari masalah yang menghampirimu…

Dalam suasana seperti itu Tuhan datang kepada saudara, Tuhan pemelihara hidupmu akan datang menepuk punggung saudara, dia akan berbisik kepada saudara, anakku……… (nama seseorang) bersiaplah pergilah ke Betel, bersiaplah pergilah kerumah Tuhan, bersiaplah pergilah gereja.

Apa respon yang akan kamu berikan? Bagaimana Yakub meresponi panggilan itu?

Kej 35:2 Lalu berkatalah Yakub kepada seisi rumahnya dan kepada semua orang yang bersama-sama dengan dia: "Jauhkanlah dewa-dewa asing yang ada di tengah-tengah kamu, tahirkanlah dirimu dan tukarlah pakaianmu.

Dalam ayat ini memberitahukan kepada kita, Yakub tidak mau ke Rumah Tuhan Seorang diri, Yakub sebagai imam didalam keluarganya melangkah ke rumah Tuhan…Melangkah ke gereja, bersama seisi rumahnya, yang adalah Pintu gerbang surga.  

Sebagai perbandingan Hosea 4:6

Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan melupakan anak-anakmu.
Kasus kegagalan para imam pada ayat di atas, terjadi dalam konteks suatu bangsa, bila kasus ini kita lihat dalam konteks keluarga, seorang ayah gagal menjalakan fungsinya sebagai imam dalam keluarga rasul Yohanes berkata:

III Yohanes  1: 4 Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.
Bagaimana kita yang hidup dipenghujung dunia ini…apakah kita orang tua…atau seorang bapak yang gagal sebagai imam dihadapan Tuhan untuk membawa keluarga kita kepelataran bait Allah.

Bagaimana dengan Yakub?

1.    Kej 35:4  Mereka menyerahkan kepada Yakub segala dewa asing yang dipunyai mereka dan anting-anting yang ada pada telinga mereka, lalu Yakub menanamnya di bawah pohon besar yang dekat Sikhem.

Yakub adalah seorang ayah yang berwibawa dihadapan anggota keluarganya. Yakub sebagai ayah yang disegani oleh anggota keluarga nya…seorang bapak yang tidak diragukan kepemimpinanya…

2.       Kej 35:3 Marilah kita bersiap dan pergi ke Betel; aku akan membuat mezbah di situ bagi Allah, yang telah menjawab aku pada masa kesesakanku dan yang telah menyertai aku di jalan yang kutempuh."

Perkataan Yakub didengar oleh anggota keluarganya, bilamana Yakub mengajak anggota keluarganya melammgkah ke gereja, maka sesmua anggota keluarganya menurut dan berangkat bersama-sama ke gereja. Pertanyaan. Bagaimana dengan saudara dan saya?

Apa dampak penurutan Yakub?

Kej 35:5 Sesudah itu berangkatlah mereka. Dan kedahsyatan yang dari Allah meliputi kota-kota sekeliling mereka, sehingga anak-anak Yakub tidak dikejar.

Allah yang berperkara dalam setiap perjalanan hidup kita, dia akan mendapingi kita saat kita berjalan dalam lembah kekelaman, dan Tuhan akan meluptukan kita dari singa yang mengaum-ngaum untuk memangsa kita.

YESUS BERKATA:

Matius  17:20 Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, -- maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu
Ayat 21 [Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa.]"

Walaupun engkau memiliki masalah sebesar gunung sekalipun, yang mustahil saudara rasanya bisa melaluinya, bilamana saudara percaya kepada Yesus, masalah sebesar gunung sekalipun akan sanggup kamu pindahkan dari dalam kehidupanmu

Filipi 4:19 Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.
Kiranya Tuhan memberkati kita semua.














No comments:

Post a Comment

Followers