Senin, 25 November 2013

LAPORAN PERKEMBANGAN PELAYANAN GMAHK WILAYAH KALIMANTAN BARAT



Wilayah Kalimantan Barat adalah salah satu daratan propinsi terluas di Indonesia yang luas daratanya 1.5  kali lebih besar dari pulau jawa. Yang jumlah penduduknya 4.2 jt. Pekerjaan Tuhan dipropinsi yang luas ini dilayani 22 pendeta dibawah kepemimpinan Pdt Yance Fina. Perkembangan pelayanan gereja kita untuk tahun 2013 ini berkembang dengan pesat. Dengan Jumlah jemaat 19 jemaat dengan cabang 62 titik. Total baptisan Bulan Januari - November 2013 ini 470 jiwa dari target tujuan tahun ini 506, dari hasil KPA dan KKR saturation yang dilayani oleh pimpinan kita dari UNI,  KKR gembala, Kursus suara Nubuatan sehingga menambah jumlah anggota keseluruhan 5023 jiwa dengan jumlah KPA atau Kelompok Peduli Advent sebanyak 62  kelompok dengan target KPA tahun ini 67 KPA. Wilayah baru yang diterobos tahun 2013 sebanyak 5 tempat dan empat tempat sudah punya tanah untuk rencana pembangunan jungle chapel. Perbandingan jumlah penduduk di kalbar adalah 854 penduduk Kalimantan barat 1 orang anggota Advent. 

KLIK UNTUK MELIHAT VIDEO

http://www.youtube.com/watch?v=y95CaPRq-q4&feature=youtu.be

Kesaksian anggota-anggota jemaat terberkati melalui program perlawatan penatalayanan. Pada tanggal 29 Oktober -3 Nop 2013 yang mana pimpinan kita dari uni bapak B.F. Sihotang, pdt. Djoko Soewarso dan Officers serta staff WKB selama beberapa hari berkunjung dari rumah kerumah dan melihat keadaan realitas umat-umat Tuhan di kalbar dan mendoakan mereka.

Jarak pelayanan pendeta dari gereja yang satu ke gereja yang lain ada yang sampai 60 km dan kurang lebih 700 KM jarak terjauh dari Kantor Wilayah kita Pontianak. Hal ini tidak menghalangi semangat penginjil para hamba-hamba Tuhan yang melayani di Kalbar yang dapat dijangkau dengan jalan setapak, menelusuri sungai- sungai dan tantangan jalan yang belum beraspal  untuk mencapai umat-umat Tuhan ditempat kediaman mereka.

Perekonomian Umat Tuhan di Kalbar mayoritas Petani dan bahkan masih banyak petani  berpindah-pindah.  Dalam hal ini para gembala jemaat dikalbar bukan  hanya memenuhi kebutuhan rohani mereka tetapi juga melakukan penyuluhan2 pertanian yang langsung terjun ke ladang-ladang atau kebun-kebun mereka
Menyadari keadaan pendidikan umat-umat Tuhan dikalbar yang masih banyak buta huruf, para hamba-hamba tuhan bersatu untuk mempromosikan sekolah berasrama di Singkawang, sehingga membuat sekolah ini menjadi pusat pelatihan yang sangat efektif. Banyak anggota-anggota jemaat kita bahkan yang non advent dari berbagai pelosok di kalbar mengirimkan anak-anak mereka untuk tinggal di asrama dan dimenangkan sebagai murid yesus melalui baptisan yang kudus,  membuat daya tampung asrama kita tidak memadai lagi, pada tanggal 11 Nop 2013 ketua wilayah kalbar Pdt Yance Fina melaksanakan peletakan batu pertama untuk pembangunan Asrama berlantai dua dari bantuan saudara-saudara seiman dan bahkan ada bantuan yang sangat besar dari simpatisan kita disana.

Alumnus perguruan Advent Singkawang Kalbar banyak yang sudah menlanjutkan pendidikan mereka ke UNAI bahkan sudah menjadi alumnus unai dan bekerja diluar Kalimantan barat. dan masih banyak anggota-anggota kita yang memiliki impian menyekolahkan anak-anak mereka bersekolah ke Universitas kita, tapi terkendala biaya yang mereka miliki. Untuk itu kami sebagai administrasi penginjilan di kalbar membuat program penginjilan yang berbasis perekonomian. Yang pertama budidaya Ikan tawar, januari 2013 kami dapat bantuan dana dari konfrens DKI Jakarta dan bulan Desember ini kami akan panen ikan tawar yang berlokasi di Bengkayang. Kedua membuka lahan hutan menjadi perkebunan karet yang ada disintang, dan bahkan salah seorang gembala kita mengembangkan peternakan kambing yang sudah mencapai 55 kk.

Demikianlah perkembangan pelayanan gereja GMAKH di Kalimantan Barat 2013. Kiranya Tuhan memberkati kita semua. amen

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut