Wednesday, January 6, 2010

Materi Pathfinder

Jenis – Jenis Ikatan


Simpul Biasa : Inilah ikatan yang digunakan semua orang.

Simpul Sepatu : Ikatan ini sekarang banyak digunakan dalam pembalutan P3K menggantikan ikatan persegi, yang tadinya dianjurkan pemakaiannya.


Simpul Persegi/mati : Tidak pernah terlepas atau macet. Digunakan untuk mengikat paket kiriman.


Simpul Tabib : Digunkan oleh para dokter untuk mengikat jahitan pada luka. Inilah suatu ikatan yang berharga untuk dipelajari oleh calon missionary.


Simpul lepas : Digunakan untuk menambatkan kuda pada sebuah tiang. Simpulnya lepas, tetapi apabila diikat dengan tepat, menjadi semakin ketat bilamana ujung tali ditarik.


Simpul hewan/tiang : Digunakan untuk mengikat seseorang/seekor binatang tanpa membuat simpul menjadi ketat. Contoh digunakan untuk menurunkan seseorang dari bangunan yang sedang terbakar. Inilah salah satu ikatan yang paling berguna oleh karena tidak bias terlepas ataupun macet.


Simpul layar/anyam : Digunakan mengikat tali pada sudut bagian bawah layer perahu untuk menahan dan mengaturnya. Ikatan ini juga digunakan untuk mengikat dua buah tali yang berbeda besarnya.


Simpul Ringkas/erat : Berguna untuk mengencangkan tali yang kendor apabila kedua ujung tali itu dalam keadaan terikat.


Simpul Nelayan/kembar : Sangat berguna untuk mengikat apa saja yang licin dan kaku, seperti tali sutera. Ikatan ini tidak akan dapat terlepas, tetapi mudah untuk melepaskannya. Sejajarkan kedua tali, kemudian buatlah pada masing-masing ujung tali ikatan biasa melewati masing-masing tali. Tariklah kedua tali itu.


Simpul Rangkap : Berguna karena mudah dibuat dan tidak akan terlepas dibawah beban bagaimanapun.


Simpul Pasak : Ini adalah ikatan tenda yang biasa, digunakan untuk mengencangkan tali tenda pada suatu pasak. Setiap anggota pemuda Advent Junior yang membantu bagi suatu perkemahan haruslah tangkas dalam menggunakan ikatan ini. Ikatan ini juga berguna untuk mengencangkan satu tiang ke tiang lainnya.


Simpul kail : Berguna untuk memancangkan dengan cepat sebuah tali pada sebuah sangkutan.


Simpul Balok : Digunakan untuk menganggkat balok kayu.


Simpul Tambang : Inilah ikatan yang terbaik untuk menggabungkan dua buah tali yang berat atau kaku, juga kabel penarik kapal.



No comments:

Post a Comment

Followers